Memiliki rumah yang cukup luas memang memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Namun, dalam menjaga kebersihannya adalah suatu hal yang melelahkan sehingga perlu melibatkan orang lain dalam membersihkannya. Belum lagi kebutuhan berbagai peralatan yang harus ada agar suasana rumah terus terasa nyaman. Hal tersebut bukan lagi menjadi masalah yang besar dengan adanya perkembangan teknologi masa kini. Dalam membersihkan rumah, sekarang kita dapat menggunakan vacuum cleaner sebagai mesin pembersih debu secara optimal untuk memberikan kesan bersih dan nyaman di dalam rumah. Memiliki  vacuum cleaner sangat membantu ibu rumah tangga ketika hendak membersihkan rumah. Pasalnya debu-debu yang tidak bisa terlihat oleh mata serta terletak di sudut ruang mampu terjangkau dengan alat ini. Membersihkan rumah tidak bisa lepas dari alat yang bernama vacuum cleaner. Vacuum cleaner merupakan alat penghisap debu dan kotoran yang menggunakan pompa udara sebagai alat bantunya. Debu dan kotoran yang terkumpul akan diteruskan ke bagian kantong sampah yang terdapat di bagian dalam alat. Alat bantu pembersih debu merupakan alat yang biasa digunakan untuk meringankan pekerjaan rumah. Dengan begitu pekerjaan rumah tidak lagi menjadi berat dan melelahkan. Alat ini juga telah dilengkapi dengan teknologi yang canggih sehingga debu dan kotoran yang menempel pada sofa kesayangan kamu bisa hilang dengan mudah. Vacuum cleaner adalah alat yang menggunakan pompa udara, dan cara kerjanya dengan menghisap debu dan kotoran di lantai dan karpet. Bahkan vacuum cleaner ada yang sudah memiliki fungsi “Wet and Dry”, yang dapat menghisap pada permukaan yang kering atau basah. Beberapa penggunanya memfungsikan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian dalam mobil seperti jok, karpet, dan sela-sela interior mobil.

Jenis-Jenis Vacuum Cleaner

Saat ini banyak sekali jenis vacuum cleaner yang beredar di pasaran, dengan banyaknya vacuum cleaner yang dijual membuat sebagian orang yang ingin memilikinya kebingungan untuk membelinya. Berikut ini beberapa jenis vacuum cleaner yang bisa dibeli dengan harga terjangkau namun penggunaan yang maksimal.

Penyedot Debu Tegak

Alat vakum berbentuk tegak ini dikenal dengan daya hisapnya yang kuat dan kepala lebar yang dapat membersihkan hingga 15 inci atau lebih dengan satu sapuan. Tersedia dalam versi bagless dan bagged. Vakum ini cenderung lebih berat daripada beberapa model lainnya yang lebih ramping sehingga mengharuskan Mama untuk mendorong dan menarik vakum di lantai saat proses pembersihan. Vakum berbentuk tegak ini memiliki hasil pekerjaan terbaik dan dapat menembus serat karpet untuk menyedot kotoran, bulu, dan debu. Namun, desain vakum yang tegak lebih sulit untuk bermanuver membersihkan ruang yang sempit seperti di bawah sofa atau tempat tidur. Harga yang ditawarkan untuk penyedot debu jenis ini berkisar dari Rp 750 ribu untuk versi ringan, sementara untuk alat vakum yang lebih kuat dan berkualitas dapat mencapai harga Rp 5 juta.

Penyedot Debu Tabung

Berbeda dengan jenis vacuum cleaner upright, alat vakum canister ini cukup fleksibel dan memiliki pipa sebagai penyedot agar mempermudah bagian tersembunyi untuk dibersihkan. Alat vakum canister yang berbentuk tabung sangat populer di masyarakat karena jauh lebih mudah dalam proses penggunaannya dibandingkan jenis vakum yang tegak dan berat. Hanya saja penyimpanannya memakan tempat karena ukurannya cukup besar ditambah dengan selang serta kelengkapan lainnya. Harganya bervariasi mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 12 juta bergantung pada kualitas dan kekuatan daya hisapnya.

Penyedot Debu Tanpa Kabel

Dengan jenis vakum ini seluruh penghuni rumah mampu membersihkan ruangan dengan mudah. Sesuai namanya, produk ini mengusung konsep kepraktisan yaitu cordless stick cleaner yaitu perangkat penghisap debu tanpa kabel. Tidak seperti vacuum cleaner konvensional pada umumnya, pada saat bekerja produk ini tidak menggunakan kabel sebagai pengisi dayanya, melainkan menggunakan sebuah baterai yang mampu digunakan sekitar 30 menit tanpa berhenti. Jika daya dalam baterai telah habis, tinggal melepaskan baterai tersebut dari perangkat kemudian memasangkannya pada battery dock. Alat vakum ini mampu menyedot debu dengan kuat dan membersihkan lebih maksimal. Beratnya yang ringan membuat Mama lebih leluasa membersihkan rumah hingga ke sela-sela yang jarang terjamah seperti langit-langit rumah maupun celah antar furnitur. Harga alat ini berkisar Rp 750 ribu hingga Rp 3.5 juta.

Penyedot Debu Robotik

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk membersihkan debu dan kotoran di rumah maka alat vakum robotic ini merupakan pilihan yang sangat pas. Alat vakum robotic berbentuk bulat dan futuristik ini bekerja secara otomatis menyedot debu dan kotoran, setelah selesai kemudian akan kembali secara otomatis ke stasiun pengisian hingga jadwal berikutnya berjalan. Alat ini biasanya sudah membenamkan fitur mengenali ketinggian sehingga tidak akan terjatuh di tangga. Kisaran harga untuk vakum robot sangat bervariasi berkisar antara Rp 1.5 juta hingga Rp 7 juta tergantung pada seberapa pintar unitnya. Saat ini, alat pembersih jenis robotic memang sedang ramai digandrungi, karena dalam pengerjaannya kita tidak perlu menuntun arah untuk menunjukkan area mana yang harus dibersihkan. Vacuum cleaner jenis ini sudah dilengkapi dengan sensor pintar dimana alat ini akan bekerja sendiri selama kurang lebih 90 menit dan apabila selesai maka alat ini akan kembali ke docknya untuk mengisi baterai. Sehingga bisa menghemat tenaga dan biaya apabila menggunakan vacuum cleaner jenis ini. 

Rekomendasi Pembelian Vakum Robotik :

Penyedot Debu Genggam

Vakum jenis ini merupakan vakum yang dibuat untuk digenggam pada saat menjalankan alatnya. Pembersih vakum kecil ini biasanya bertenaga baterai dan memiliki tempat sampah yang mengumpulkan debu, kotoran, dan bulu hewan peliharaan yang terhisap ke dalam vakum. Daya hisap alat ini biasanya tidak besar sehingga hanya digunakan untuk pembersihan ringan. Jenis alat vakum ini berharga antara Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.

Penyedot Debu Basah/Kering

alat penghisap debu ruangan otomatis ini memiliki bentuk yang mirip dengan alat vakum canister, akan tetapi memiliki teknologi yang berbeda dimana alat ini memiliki kemampuan menghisap lebih kuat atau bisa dioperasikan saat keadaan basah atau kering. Bagian filternya telah dilengkapi teknologi sedemikian rupa agar daya hisapnya lebih kuat dan dapat digunakan pada lantai serta karpet disaat kering maupun basah.

Nah itulah beberapa jenis vacuum cleaner yang bisa dipilih untuk membersihkan perabotan di rumah. Dalam membeli vacuum cleaner jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Cara Mudah Merawat Vacuum Cleaner

Dikarenakan alat ini bekerja cukup berat tentu membutuhkan perawatan agar dapat bekerja dengan baik dan tahan lama. Sebenarnya tidak hanya pembersih debu saja yang membutuhkan perawatan, tetapi seluruh alat yang kita gunakan membutuhkan perawatan ini. Dengan perawatan yang tepat dapat menambah masa pakai dari alat itu sendiri. Dalam merawat alat pembersih debu ini sebenarnya tidak sulit. Namun, banyak sekali yang melewatkannya dan menganggap enteng hal tersebut. Padahal apabila tidak dirawat dengan baik, akan berdampak pada kinerja alat tersebut. Bahkan, dapat membuat alat pembersih debu cepat rusak. Oleh karena itu, lakukan tips di bawah ini untuk merawatnya.

Hindari Menghisap Benda Benda Padat

Vacuum Cleaner memang berfungsi untuk membersihkan debu kotoran. Tetapi meskipun begitu bukan berarti dapat menghisap semua jenis kotoran yang ada. Nah, sebaiknya alat ini tidak digunakan untuk menyedot benda padat seperti batu atau kerikil. Benda-benda tersebut bisa kamu bersihkan secara manual, agar alat pembersih yang dimiliki tidak cepat rusak.

Lakukan Penggantian Kantong Vacuum Cleaner secara Berkala

Setiap alat pembersih debu memiliki kapasitas dalam menampung debu yang telah tertera pada kemasan alat tersebut. Nah, agar tidak cepat rusak, setelah kantong debu tersebut penuh kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Kantong debu ini biasanya baik digunakan dalam jangka waktu enam bulan, setelahnya harus dibuang.

Gunakan Nozzle yang Tepat

Pada vacuum cleaner terdapat aksesoris untuk dipasang di ujung selang atau lebih sering disebut nozzle. Nah, nozzle itu jenisnya beragam  dan memiliki fungsi masing-masing. Supaya hasil penyedotan debu maksimal gunakan aksesoris yang sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan nozzle yang juga akan mempengaruhi kinerja alat ini. Aksesoris yang berbentuk pipih bisa digunakan untuk menghisap debu pada sela-sela sofa dan sudut-sudut sempit lainnya. Sedangkan aksesoris yang berbentuk sikat dapat dipakai untuk membersihkan debu yang menempel di atas permukaan sofa atau di kawat nyamuk. Nah, untuk membersihkan lantai dan karpet, kamu bisa memasang nozel lantai pada ujung alat pembersih debu.

Lepaskan Seluruh Bagian Alat Pembersih Debu Setelah Selesai Digunakan

Perawatan vacuum cleaner selanjutnya adalah dengan melepaskan seluruh bagiannya apabila sudah tidak digunakan. Lepaskan nozzle (aksesoris) dan hose (selang) dari alat utama pembersih debu. Kemudian, letakkan alat ini ditempat yang bersih, kering dan tertutup. Selain itu, jangan lewatkan untuk menggulung kabel dengan rapi dan ikat dengan karet.

Tips Memilih Vacuum Cleaner

Setelah mengetahui cara perawatannya yang mudah, mungkin bagi yang tertarik untuk segera membeli alat ini untuk meringankan pekerjaan rumah. Namun, memilih alat penghisap debu tidaklah mudah.  Oleh sebab itu, bisa mencoba dengan beberapa tips berikut ini supaya tidak kecewa setelah membelinya.

Ketahui Jenis Jenis Vacuum Cleaner

Secara umum pembersih debu terbagi menjadi dua jenis yaitu tipe dust bag dan tipe cyclone. Dari kedua jenis ini memiliki karakteristik masing-masing. Vacuum cleaner tipe cyclone bekerja dengan menghisap debu dan langsung memasukkannya ke dalam tabung khusus. Itu berarti kamu tidak membutuhkan dust bag untuk menampung debu, sehingga pengeluaran biaya dapat berkurang.

Pilih Penghisap Debu yang Ringan

Ketika hendak membeli perhatikan bobot alat penghisap debu pilihan kamu. Apakah berat yang tertera sudah secara keseluruhan atau berat tabung saja. Karena jika berat tabung saja, tentu saat dipasang selang dan aksesoris beratnya akan bertambah. Oleh karena itu, pilihlah yang memiliki bobot ringan yang sudah mencakup keseluruhan alat agar mudah dibawa saat digunakan.

Perhatikan Konsumsi Listrik dan Filter

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan listrik dan filter yang ditawarkan dari sebuah produk. Untuk Vacuum Cleaner yang berdaya besar, tentu kekuatan hisapnya tinggi. Namun, perlu diperhatikan daya listrik di rumah. Apakah mencukupi atau tidak. Selain itu, penghisap debu terbaru biasanya telah menggunakan teknologi HEPA, yang dapat menyaring debu dengan baik.

Manfaat Lain dari Vacuum Cleaner

Pada umumnya, vacuum cleaner digunakan untuk membersihkan debu di area area yang mudah dijangkau hingga sulit dijangkau. Namun demikian, vacuum cleaner ternyata memiliki manfaat lain selain sebagai penyedot debu. Berikut ini manfaat lain dari vacuum cleaner selain sebagai alat penyedot debu.

Mengendalikan Serangga

Menyedot debu juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan tungau debu dan sel kulit mati yang mereka makan dari kasur. Vacuum cleaner juga merupakan alat yang bagus untuk menjangkau dan menangkap laba-laba atau nyamuk yang berkumpul di sudut langit-langit. Setelah serangga hilang, tempelkan kain putih bersih ke alat dengan karet gelang ke sarang laba-laba dan debu.

Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan

Vacuum cleaner mampu mengumpulkan semua bulu hewan peliharaan yang menempel di karpet dan berjatuhan di atas lantai kayu. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyedot tempat tidur hewan peliharaan dan menghilangkan bulu dari selimut dan seprai sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Menyegarkan dan Membersihkan Jok, Karpet, dan Bantal

Selain menghilangkan debu, remah-remah, dan kotoran, vacuum cleaner dan sekotak baking soda atau soda kue dapat melakukan keajaiban untuk menghilangkan bau dan mencerahkan kain. Taburkan sedikit baking soda di atas jok, bantal, dan karpet. Kerjakan dengan lembut menggunakan spons basah atau kain pel. Ilustrasi vacuum cleaner genggam. Lihat Foto Ilustrasi vacuum cleaner genggam. Biarkan baking soda tetap berada di permukaan setidaknya selama satu jam dan kemudian sedot debu. Kain akan terlihat lebih cerah karena sifat baking soda yang sedikit abrasif membantu mengendurkan tanah dan penyedot debu menghilangkannya.

Menangkap Debu Sebelum Menyebar

Gunakan sambungan sikat penyedot debu untuk menjebak debu di beberapa area tertentu yang biasanya sering berdebu sebelum melakukan pembersihan tambahan. Menghilangkan debu terlebih dahulu akan mencegah noda dan goresan.

Mengurangi Alergen di dalam Ruangan

Gunakan vacuum cleaner dengan penutup sikat debu ke jendela dan kasa pintu untuk menghilangkan serbuk sari dan debu. Serta jangan lupa untuk memberi tirai pada jendela.

Menemukan Benda yang Kecil

Jika menjatuhkan sesuatu yang kecil seperti anting, paku, atau sekrup di belakang perabot yang sulit dipindahkan, ambil vacuum cleaner. Pasang sepotong jaring atau stoking tua di ujung alat celah dengan karet gelang. Arahkan untuk barang yang hilang dan vacuum cleaner akan menjebaknya ke jaring sehingga barang dapat diambil dengan mudah.