Upaya menjaga kebersihan rumah adalah salah satu rutinitas utama dalam keseharian rumah tangga. Sebagai hunian tinggal keluarga, kebersihan dan kenyamanan lingkungan menjadi faktor penting, agar semua aktivitas berjalan lancar. Selain itu, menjaga kebersihan juga dapat mendukung kesehatan anggota keluarga. Kehadiran peralatan rumah tangga yang semakin canggih memudahkan dalam membersihkan rumah. Misalnya dengan adanya vacuum cleaner, membersihkan debu di rumah menjadi lebih praktis. Agar rumah senantiasa nyaman bagi seluruh anggota keluarga, kebersihannya tentu harus selalu dijaga. Karena, rumah yang bersih akan mendukung kesehatan keluarga. Sejak ada produk-produk canggih seperti penyedot debu, membersihkan rumah bisa dilakukan secara praktis dan cepat. Vacuum Cleaner atau mesin penghisap debu adalah mesin yang menggunakan pompa udara untuk menghisap debu dan kotoran yang biasanya berasal dari lantai. Sebagian besar rumah dengan lantai berkarpet di negara berkembang memiliki penghisap debu sebagai pembersih.  Kotoran dikumpulkan dengan sistem penyaringan maupun siklon untuk kemudian dibuang. Sedangkan dalam usaha cuci mobil, vacuum cleaner digunakan untuk membersihkan bagian interior mobil seperti: jok, karpet, dashboard dan sela-sela part/bagian dalam interior mobil. Rumah-rumah modern sekarang ini banyak dilengkapi dengan karpet lantai untuk mempercantik interior. Sehingga, vacuum cleaner sering digunakan untuk menyedot debu pada karpet maupun lantai. Sebagai alat penghisap debu yang canggih, ternyata alat penyedot debu ini memiliki manfaat yang tidak hanya sekedar membersihkan lantai saja.

Berbagai Manfaat Vacuum Cleaner

Berikut ini beberapa manfaat vacuum cleaner dalam rumah tangga modern kala ini.

Membersihkan Seluruh Bagian Ruangan

Cara menjaga kebersihan rumah salah satunya yaitu menggunakan vacuum cleaner, seluruh ruangan rumah dapat dibersihkan dengan mudah. Kotoran kecil yang tidak terlihat sekalipun bisa disedot dengan tuntas. Selain itu, penyedot debu memungkinkan Mama membersihkan bagian ruangan yang sulit dijangkau. Corong penyedot pada vacuum cleaner bisa menyesuaikan bentuk sudut ruangan yang tidak terjangkau dengan alat pembersih konvensional. Hal ini sangat berbeda ketika Mama membersihkan ruangan dengan alat konvensional, yang tidak dapat membunuh bakteri maupun membersihkan debu secara tuntas. Maka dari itu, vacuum cleaner sangat efektif untuk membersihkan seluruh bagian ruangan di rumah.

Mudah Membersihkan Berbagai Jenis Kotoran

Vacuum cleaner dilengkapi dengan teknologi penyedot canggih yang mampu membersihkan berbagai jenis kotoran. Selain untuk membersihkan lantai, alat ini juga dapat digunakan untuk menyedot kotoran pada perabotan ruangan seperti sofa, karpet, gorden dan sebagainya. Dengan demikian, untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah, tidak harus mencuci berbagai perlengkapan yang ada. Penggunaan alat penyedot debu lebih praktis untuk membersihkan berbagai jenis kotoran.

Tidak Ada Lagi Sisa Debu dan Kotoran

Ketika membersihkan rumah, debu dan kotoran yang berceceran sulit dibersihkan sampai tuntas tentu menjengkelkan. Apalagi kalau cuaca sedang berangin dan membuat rumah jadi lebih cepat berdebu. Pasti membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan rumah. Penggunaan penyedot debu akan membantu dalam membersihkan kotoran serta debu di rumah tanpa khawatir akan beterbangan. Hal tersebut tidak akan terjadi jika menggunakan alat ini. Karena debu dan kotoran yang tersedot akan terkumpul dalam tangki pembuangan alat. Tinggal membersihkan bagian tangki tersebut secara teratur setiap kali selesai membersihkan rumah. Meskipun sudah menyapu rumah, seringkali sisa-sisa kotoran dan debu masih tertinggal. Partikel kecil tersebut memang tidak terlihat. Apalagi jika kotoran cepat terbawa angin. Secara tidak sadar, debu yang tertinggal bercampur dengan udara dan terhirup oleh anggota keluarga. Cara membersihkan lantai dengan tuntas, perlu menggunakan vacuum cleaner agar tidak ada lagi sisa debu dan kotoran yang tertinggal.

Mencegah Alergi Kulit dan Pernapasan

Banyak orang tidak menyadari bahwa debu memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan, terutama dalam pernapasan dan alergi. Penggunaan vacuum cleaner menjadi salah satu bagian terpenting dalam pola hidup sehat tanpa debu. Kita dapat menggunakan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu di gorden secara rutin supaya tidak menumpuk serta menyebar sewaktu terkena angin. Selain itu, bagi yang memiliki alergi debu, sangat disarankan menggunakan vacuum cleaner dengan fitur perlindungan agar alergi tidak mudah menghampiri. Sisa-sisa debu dan kotoran yang tidak terlihat dapat memicu terjadinya gatal-gatal pada kulit, dan ketidaknyamanan saat bernapas. Membersihkan ruangan rumah menggunakan vacuum cleaner, salah satunya bertujuan untuk pola hidup bersih dan sehat dan menghindari munculnya penyakit akibat sisa debu dan kotoran. Maka dari itu, selain membersihkan rumah secara rutin, memastikan seluruh ruangan bersih tuntas tanpa ada debu yang tertinggal juga penting. Sehingga, penggunaan alat penyedot debu ini sangat dianjurkan agar anggota keluarga terhindar dari alergi kulit dan gangguan pernapasan.

Bagaimanapun, kesehatan keluarga adalah yang utama. Untuk memenuhi kebutuhan dalam membersihkan rumah, pilihlah vacuum cleaner yang berkualitas. Harganya mungkin jauh lebih mahal dari penyedot debu biasa, tetapi kesehatan untuk buah hati dan keluarga tetap yang utama. Jika membeli alat penyedot debu ini dirasa menguras budget, kini bisa menyewa saja agar lebih hemat dan efisien. Karena membersihkan rumah dengan tuntas bisa dilakukan secara berkala, dengan menyewa penyedot debu sudah cukup memenuhi kebutuhan Mama menjaga kebersihan rumah. Dengan begitu, anggota keluarga pun juga merasa nyaman dan betah berada di rumah.

Dapat Membersihkan Berbagai Bahan

Penyedot debu tidak hanya digunakan untuk membersihkan lantai saja. Lebih dari itu, kekuatan hisap pada alat tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai material ruangan. Anda dapat membersihkan gorden, karpet, sofa, dan sela-sela pintu secara mudah bila menggunakan produk alat pembersih yang berkualitas. Anda pun tak perlu repot-repot mencuci barang yang bisa dibersihkan menggunakan alat tersebut.

Mudah Menjangkau Sudut Ruangan Secara Efektif

Sudut-sudut ruangan dan bagian bawah furniture memang kerap tidak terlihat dari perhatian saat akan membersihkan rumah. Bagian-bagian tersebut memang sulit dijangkau dengan alat pembersih konvensional. Namun, bukan juga membiarkannya tetap dalam kondisi kotor sehingga mengurangi keindahan rumah. Penggunaan penyedot debu dapat menjadi solusi dalam menjangkau semua sudut ruangan dengan mudah. Vacuum cleaner juga dapat memanfaatkan berbagai jenis corong penyedot untuk membersihkan setiap bagian rumah dengan sempurna. Anda bisa menyesuaikan penggunaan bentuk corong penyedot dengan setiap sudut rumah, agar debu tidak lagi bersemayam di tempat tersebut. Membersihkan celah yang sempit seperti pada lipatan sofa akan lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan alat penghisap debu otomatis. Dengan kekuatan daya hisapnya serta berbagai model nozzle dan pipa penghisap yang disediakan, alat penghisap debu mampu membersihkan debu yang bersembunyi di balik celah sempit pada busa sofa atau pada plafon rumah.

Dapat digunakan untuk Merawat Mobil dari Debu

Kebersihan interior mobil seperti jok dan alas kaki menjadi salah satu bagian perawatan kendaraan. Masalah seperti debu pada jok bisa dibersihkan dengan alat penyedot debu. Khusus untuk mobil, saat ini telah tersedia alat penyedot debu mini yang bisa dibawa kemana saja. Alat penyedot debu mini sangat praktis karena hanya menggunakan colokkan pemantik rokok untuk menyalakannya.

Tips Memilih Vacuum Cleaner Hemat Listrik

Penyedot debu merupakan perangkat pembersih yang mampu menghisap debu atau kotoran dengan alat pemompa udara di dalamnya. Alat ini tak hanya dapat digunakan untuk membersihkan lantai, tapi juga sofa, jendela, bagian dalam mobil, dan perabot lainnya. Dengan begitu, rumah terasa nyaman ditempati dan terbebas dari debu yang dapat menimbulkan penyakit kulit maupun gangguan pernapasan.

Bedakan Berdasarkan Fungsi

Seperti yang sama-sama kita ketahui, penyedot debu mampu menghisap partikel debu yang menempel. Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa debu bisa menempel di area kering maupun area basah. Oleh sebabnya, penggunaan penyedot debu pun juga dibedakan berdasarkan fungsinya. Jangan sampai salah pilih dan justru merugikan. Kenali dulu dan sesuaikan kebutuhan rumah. Saat ini ada dua jenis penyedot debu, yakni penyedot debu area kering (dry vacuum cleaner) dan penyedot debu yang difungsikan untuk area kering maupun basah (wet/dry vacuum cleaner). Untuk membersihkan karpet atau bahan seperti kain maupun kertas, sebaiknya gunakan penyedot debu khusus area kering. Jangan sampai penyedot debu kering ini mengisap debu yang masih basah. Hal tersebut akan menimbulkan kelembaban pada mesin sehingga mesin mudah karatan dan rusak. Penyedot debu untuk area kering/basah dapat digunakan pada debu yang basah terkena tumpahan air maupun tampias air hujan.

Jangan Hanya Tergiur Desain

Ketika akan memutuskan untuk membeli penyedot debu, ada baiknya untuk memperhatikan kualitasnya. Jangan hanya tergiur dengan desainnya yang menarik. Cermati kelebihan maupun kekurangan produk yang ditawarkan dari masing-masing produsen. Pertimbangkan juga tipe yang akan perlukan. Penyedot debu terdiri dari berbagai macam tipe yakni sapu elektrik (upright), canister, genggam (handheld), robotic, dan drum. Jika memerlukan penyedot debu untuk menyedot kotoran dalam skala besar sebaiknya pilih yang memiliki daya hisap lebih besar. Sedangkan, jika hanya untuk membersihkan area-area yang kecil/jangkauannya cukup sulit maka pilihlah vacuum cleaner yang ringan dan sederhana. Namun, perlu diketahui bahwa kekuatan daya sedot juga tergantung dari aliran udara yang bersih. Artinya, apabila sudah terpakai sekiranya lebih dari 15 menit, kemungkinan pori-pori kantung akan tersumbat oleh debu. Setelah menentukan jenis apa yang dibutuhkan, lalu sesuaikan dengan daya listrik yang miliki di rumah. Lebih baik memilih penyedot debu yang hemat daya sehingga dapat menghemat tagihan listrik. Selain itu, pilihlah yang memiliki tingkat kebisingan yang rendah agar tidak terlalu mengganggu pendengaran ketika digunakan.